Laman

Minggu, 20 Oktober 2013

Mr. Fox yang Fantastis


Judul Asli : Fantastic Mr. Fox
Penulis : Roald Dahl
Alih Bahasa : Diniarty Pandia
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ketiga : Agustus 2010
96 hlm

Di sebuah lembah, terdapat tiga buah peternakan. Pemiliknya adalah peternak yang kaya. Mereka adalah Boggis peternak ayam, Bunce peternak bebek dan angsa, serta Bean peternak kalkun dan petani apel. Meski kaya, mereka bertiga amatlah kikir. Mereka sangat tak suka memberi, apalagi jika barang milik mereka dicuri.

Dan tersebutlah, di lembah tersebut, di sebuah hutan, di sebuah pohon yang di dalamnya terdapat lubang, tinggal Mr. Fox beserta keluarganya. Demi memenuhi kebutuhan keluarganya, Mr. Fox harus bekerja mencari makanan. Tentu saja sasaran paling dekat adalah ternak milik ketiga peternak tersebut. Namun karena mereka bertiga adalah peternak jahat yang tentu saja tak akan membiarkan ternak mereka dicuri begitu saja oleh Mr. Fox, maka Mr. Fox sendiri harus pandai-pandai dalam mengambil makanannya. 

Dan dimulailah peperangan antara Mr. Fox melawan ketiga peternak itu. Letusan senjata, sekop yang menggali, dan bahkan traktor yang menakutkan melawan akal serta kecepatan menggali Mr. Fox. Namun Mr. Fox juga tidak sendirian. Dia bertemu dengan Mr. Badger si luak, dan saling bahu-membahu dalam menggali. Siapakah yang akan menang?

Membaca buku ini sungguh sangat menarik hati. Mengajarkan bagaimana kita tak boleh pelit, dan harus banyak berbagi seperti Mr. Fox yang tidak menikmati sendiri hasil buruannya.
Tapi sebaiknya jangan juga mencuri seperti Mr. Fox ya!  :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar