Laman

Kamis, 18 April 2013

Uglies (Uglies#1)



Penulis : Scott Westerfeld
Penerjemah : Yunita Candra S.
Penerbit : Matahati
Cetakan I, April 2010
432 hlm

Bagaimana pendapat kalian seandainya semua orang sudah berwajah cantik dan tampan sementara kamu sendiri masih buruk rupa.
Adalah sebuah kota yang bernama Uglyville tempat bermukim orang-orang atau lebih tepatnya anak-anak  yang buruk rupa. Isinya anak-anak remaja dengan kebengalan dan ulah yang kurang ajar. Kemudian di sebelahnya terdapat kota rupawan dengan dibatasi oleh jembatan yang bisa berbicara. Dia bisa melaporkan siapa saja yang berani melintasi jembatan itu. Kota ini khusus untuk tempat tinggal mereka yang berusia 16 tahun ke atas. Kenapa harus 16 tahun? Karena pada usia itulah maka  penduduk dari Ugliville di operasi/ di permak wajah dan tubuhnya untuk menjadi cantik dan tampan, dan kemudian berpindah ke kota Rupawan.

Tally Youngblood, sudah hampir berusia 16 thn. Itu berarti tidak lama lagi dia akan maju ke meja operasi. Sobat karibnya, Peris telah mendahului karena mereka berbeda usia 3 bulan. Sering sekali Tally kangen dengan masa-masa dengan Peris hingga suatu ketika dia nekat menyebarang ke kota rupawan untuk melihat Peris. Namun rupanya dia harus mengahadapi kenyataan bahwa Peris seolah nampak sudah berubah. Bukan saja wajahnya namun juga sikapnya menjadi aneh. Meski Tally tetap terpesona dengan wajah tampan Peris yang baru, namun dia merasa ada sesuatu yang ganjil. Dan kemudian dia bertemu dengan teman baru sesama buruk rupa bernama Shay. Shay memiliki sebuah rahasia dan kemudian akhirnya diberitahukannya kepada Tally yang berhubungan dengan pelariannya meninggalkan kota Uglyville karena tak mau di ubah menjadi rupawan.

Rahasia ini akhirnya menjerumuskan Tally ke sebuah petualangan yang menarik, dengan mengunjungi kota Smoke. Smoke adalah sebuah kota pelarian yang letaknya tersembunyi. Anak-anak buruk rupa yang tak mau di ubah melarikan diri ke situ. David adalah pria yang biasa menjemput mereka. David sendiri sudah lama hidup di alam liar karena orang tuanya juga adalah dokter bedah yang melarikan diri karena tak setuju dengan proses perubahan menjadi rupawan. Rupanya ada konspirasi di balik perubahan menjadi rupawan seorang remaja.

Kerahasiaan kota Smoke ini menyebabkan ketertarikan dari anggota Special Sircumtances untuk menyelediki keberadaan kota itu. Namun  tentu saja mereka tak dapat ke sana karena tak tahu lokasi kota itu. Itulah sebabnya mereka memanfaatkan Tally sebagai mata-mata untuk ke sana, dengan ancaman jika Tally tak mau melakukannya maka ia tak akan pernah berubah menjadi rupawan, dan tentu saja tak akan lagi bertemu dengan Peris sobatnya. Sesampainya di kota Smoke,Tally akhirnya mengahadapi dilema, antara kepentingan dirinya sendiri ataukah mengorbankan kota Smoke yang baru di kenalnya namun kemudian mulai disukainya.

Sayang sekali, saya agak heran dengan cerita ini. Kenapa David begitu cepat mempercayai Tally, sedangkan Tally jelas-jelas mencurigakan karena dia datang sendiri tak seperti kebanyakan kaum buruk rupa yang datang berkelompok. Selain itu Tally juga menempuh waktu yang terlalu lama untuk tiba di kota itu.

Buku ini membuat saya membayangkan kisah masa depan, dan saya salut dengan penulis yang mampu berimajinasi menuliskan keadaan tersebut. Bagaimana sebuah kamar mampu melaporkan atau berbicara padamu, juga mengenai papan-papan hoverboard yang melayang di udara dengan tenaga surya sebagai energinya. Juga tentang kendaraan hovercar, dan terlebih mengenai proses perubahan menjadi rupawan itu sendiri.

Apakah akhirnya Tally berubah menjadi rupawan? Temukan di kisah selanjutnya...

Untuk lebih mengenal penulisnya, dapat dikunjungi di situs webnya.
Uglies Series ini terdiri dari :
  • Uglies
  • Pretties
  • Specials
  • Extras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar