Halaman

Kamis, 25 April 2013

Close-up Interview anggota Blogger Buku Indonesia

Masih dalam rangka ngerayain Ultahnya BBI yang kedua, maka salah satu acara seru-seruan antara anggota BBI adalah Close Up Interview. Nah, acara ini dimaksudkan agar warga BBI lebih saling mengenal. Kan katanya tak kenal maka tak sayang. Hehehe...


Di Close up interview ini, saya kebagian mewawancarai mba @Fhilyanastasia pemilik blog buku The Montage of My Books. Yuk, mari jo kita cari kenal deng nona manis yang satu ini.... *diucapkan dengan logat daerahnya mba Fhily... :D

T : Nama Panggilannya siapa mba? bingung nih saya mau manggil apa. hehe.. (Fhily sudah benar nggak?)
J : Udah bener kok manggil Fhily aja :)
T : Domisili sekarang? 
J : Aslinya rumah saya di Timika - Papua (?) tapi sementara waktu ada di kampung halaman Manado ;) nanti juga balik kok ke Timika :D
*horeee... ada teman nih sesama dari Papua.

T : Dari kecil di Timika ya mba? Trus waktu masih tinggal di sana, gimana caranya dapat buku-buku bacaan?   Kalo saya susah banget.. hiks.. toko buku ada tapi nggak lengkap, pesan online, ongkos kirim lebih mahal dari harga buku... *malah curcol...
J : Iya :) dari kecil di Timika tapi nggak lahir di Timika. Hehehehe. Ini bentar lagi mau balik  Timika. Aku biasa pake jasa OS samaaaa -_- aaaahh mahalan ongkir dari harga buku atau nggak pas pulang kampung ke Manado beli sebanyak-banyaknya hahahaha. Kalau nggak nitip teman yang mau ke luar daerah. Di Timika toko buku ada tapi nggak lengkap banget. Bukunya baru ada mungkin paling cepat setelah 6 bulan tanggal terbit *basi banget* *curcoljuga.
 
T : Sejak kapan mulai baca buku / tertarik dengan dunia buku? 
J :Sejak tahu membaca :D kalau tertarik dengan dunia buku hm, dari kecil sih udah tertarik semenjak dibelikan mama boxset tentang cerita tentang lumba-lumba dan putri duyung aduh namanya apa ya lupa. Hehehe.

T : Genre bacaannya?
J : Kalau sekarang lebih suka Romance. Hehehe

T : Sejak kapan gabung dengan BBI, kenal BBI dari mana?
J : Aku member baru loh :D baru sejak bulan ini xixixi.

T : Buat blog khusus buku sejak kapan? Kenapa tertarik membuat blog buku?
J :Kalau blog khusus buku dari bulan Juni tahun lalu. Aku punya blog pribadi sih tahun 2010 dibuatnya. Dulu disitu ada beberapa review buku juga. Tapi, kayaknya nggak afdol banget kalau review di situ karena sudah terkontaminasi dengan cerita pribadi saya. Dari situlah berniat buat blog buku.

T : Eh, pernah nggak tiba-tiba bosan membaca/ mereview? Kalo lagi bosan gitu bagaimana ngembaliin moodnya?
J : Bosan baca sih jarang yah. Palingan kalau sudah kelelahan habis melakukan sesuatu hal yang menguras otak/tenaga itu penyebab tiba-tiba mood baca hilang. Kalau mood me-review ya sebenarnya sih tergantung otak (?) kalau lagi prima pasti di-review. Biasanya ngembaliin mood itu hm, nulis :D hahaha kalau nggak nulis dengerin musik. Kalau nggak dengerin musik ya tidur (?)

T : Kesibukan mba sekarang apa?
J : Banyak sih ya. Mau dijabarin satu-satu? Tapi yang paling sibuk sih lagi menyelesaikan deadline tulisan nih >.<

T : Di sela-sela kesibukan itu, kapan waktu membaca + membuat review?
J : Waktu membaca sih sebelum tidur atau nggak kalau siang-siang ada waktu lowong biasanya siang. Buat review biasanya sehabis baca. Kalau sempat diposting.

T : Eh, saya sempat membaca di personal blognya, ada tentang Red, Cakka dkk... itu tentang apa mba? Lagi buat novel ya? Mohon penjelasannya ya..
J : Itu udah selesai sih ceritanya :) Itu cerita romance buatan saya >.< *jadi malu* harapannya sih jadi Novel baru dikirim ke Penerbit semoga aja di terima sih.

T : Mba Fhily rupanya suka nulis cerpen/cerbung dsb. ya? Ada yang pernah diterbitkan nggak ?
J : Iya hehehe. Diterbitin? Kalau sudah terbit sih belum. Kalau akan terbit mungkin :p (doain aja). Masih malu kalau mau kirim ke majalah, dsb biasanya saya buat kepanjangan dari batas halaman yang ditentukan. Hehehehe. Paling nggak cuma sampe blog-nya GagasMedia aja.
*mari kita dukung terbitnya novel mba Fhily...  :)

T : Weeww.. Mba Fhily rupanya Ultah ya bulan ini.. ada kado buku nggak ..?
J : Iya hehehehe. Sehari setelah BBI Ultah. Sejauh ini nggak ada yang kasih hadiah buku. Padahal saya mupeng dapet hadiah buku T____T hehehehe. Kalau mbak mau kasih saya terima dengan lapang dada (?)
*hayooo.. mari kita doakan Mba Fhily dapat kado Ultah dari salah satu GA hop... 
T : Oh ya, buku favoritnya ada nggak? (buku yang paling berkesan)
J : Aku penggemar beratnya Nicholas Sparks jadi semua buku-nya Sparks jadi favorite. Cuma yang paling favorite A Walk to Remember :)

T : Trus kira-kira ada nggak pengalaman dengan buku yang tidak terlupakan..?
J : Kalau pengalaman tak terlupakan itu waktu nyari di Gramedia buku metropop yang I Hate Rich Men sih ._.v Karena baca di Goodreads review-nya bagus-bagus jadi aku penasaran. Nah itu waktu aku baru pulang kampung dan langsung jabanin Gramedia. Dari semua buku yang aku cari cuma itu yang nggak ada. Trus aku sama temanku nyari keliling aku udah terangin sama temanku kan ciri-ciri cover-nya. Sampai aku tunjukin covernya ada yang hampir mirip sama cover teenlit (lupa judulnya). Aku sama temanku nyari keliling. Kita udah bongkar semua rak buku. Alhasil, tanya juga di customer service. Pas lihat stock-nya masih ada sisa satu doang. Jadi kita cari keliling lagi. Nah ada kan petugas di situ cowok (ganteng lagi /plakk) dia ngelihatin kita kayaknya dari tadi bongkar-bongkar. Trus dia tanya sama kita nyari apa? bisa dibantu? aku jelasin sampe yang cover-cover itu. Udah dia bantuin nyari, setelah lama-lama akhirnya nyerah. Kita nyarinya udah satu jam lebih kayaknya. Alhasil dia malah minta nomor handphone, nanti kalau ada dikabarin hahaha. Eh, gara-gara buku itu malah punya kenalan baru. Hahahaha. Tiga hari kemudian dia SMS katanya bukunya udah ada. Dan ternyata bukunya di re-stock gitu padahal aku cuma mau beli satu doang -_-. Dapat buku dan dapat kenalan pula. *ngakak* -_-v
    *Jangan-jangan jadi pacar pula nih.... qiqiqi... kabuurrr...

T : Eh, trus gimana kesannya dengan BBI?
J : Nggak juga :) baik-baik kok membernya. Walaupun baru aku jadi belajar banyak dari mereka.

T : Anak BBI kan biasanya kebanyakan tuh anggota ordo bontelan hehehe... alias suka banget nimbun buku (termasuk saya :D), gak tau kapan dibacanya.. kira-kira mba Fhily suka juga nggak nimbun buku? Koleksi bukunya ada berapa ?
J : Samaaaa :D kebanyakan ditimbun dulu yang penting udah belinya. Koleksi buku saya nggak ngitung sih ._. soalnya ada yang di Manado ada yang di Timika. Biasanya kalau beli di Manado dikasih batas buat bawa ke Timika (jangan overbagasi -_-) :( jadi harus baca di sini aja yang ada. Sisanya yang nggak sempat dibaca bawa ke Timika *curcol. Tapi kalau yang di Timika kayaknya masih sekitar seratusan-lah.

T : Ok. deh the last question...
      ada quote favorit dari buku?
J : Quote favorite itu banyak sih ._.v tapi kalau ditanya yang paling favorite...
“I finally understood what true love meant...love meant that you care for another person's happiness more than your own, no matter how painful the choices you face might be.” ― Nicholas Sparks, Dear John
Sama ada dari buku anak-anak cuma saya lupa judul bukunya #plak -_-v
"If you want to become a princess, you have to think and act like a princess!"

Yap, demikianlah laporan pandangan mata... eh, laporan hasil wawancara dengan Mba Fhily. 
Sebenarnya postingan ini agak telat *mengaku dosa... Gara-gara tadi saya berencana membuat postingan sambil nonton Madrid, eh taunya malah ketiduran... Kemudian sepanjang hari ikut kegiatan kantor, akhirnya baru bisa posting jam 9 malam WIB yang seharusnya 12 jam yang lalu. Maafkan saya ya....!

HAPPY BIRTHDAY BBI
HAPPY BIRTHDAY FHILY...


8 komentar:

  1. wah sesama Papua, semoga teman2 BBIer di Papua bis ameningkatkan minat baca di Papua yah :)

    BalasHapus
  2. Baru tahu kalo Fhily di Papua. Berarti udah ada 3 ya BBIers Papua. Coba kapan2 bikin mega gath Papua gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi sekarang masih di Manado.
      Tapi biar sesama di Papua, namun berjauhan.. Saya di Sorong, Marcele di Jayapura, dan Fhily di Timika... Uh, tetap susah ketemunya..

      Hapus
  3. Luar biasa, BBI mempertemukan 2 orang member yg dari pulau yg sama.

    btw, untung gak jadi nonton madrid #eh #kabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... untung gak jadi nonton...

      Hapus
  4. salam kenal Fhily, jauh sekali papua *pikiran org Jakarta kalau mikir Papua lebih mahal dari ke LN* #eh

    suka Nicholas Sparks juga toh

    BalasHapus
  5. Toko buku di Timika dimana, ya? Saya baru nih di kota itu, dan sudah mutar-mutar nyariin buat muasin dahaga akan bahan bacaan, tapi kagak nemu-nemu nih. Yang saya maksudkan di sini toko buku yang menjual novel.

    BalasHapus