Halaman

Senin, 29 April 2013

Seri Petualangan : Petualangan di Pulau Suram


Judul asli : The Island of Adventure
Penulis : Enid Blyton
Alih Bahasa : Agus Setiadi
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan keempat : Juni 2012
336 hlm


Gara-gara sakit selama beberapa minggu, Philip terpaksa harus mengikuti pelajaran lanjutan di rumah Pak Roy gurunya. Di sana dia bertemu dengan Jack, seorang anak seumurnya dengan wajah yang penuh bintik-bintik. Adik Jack, Lucy Ann ikut menemani Jack, karena dia tak ingin berpisah dari kakaknya itu. Sementara itu ada 2 anak lain lagi yang belajar bersama-sama mereka. Philip dan Jack segera saja menjadi kawan karib. Jack memiliki seorang burung kakaktua bernama Kiki yang sungguh lucu karena mampu menirukan suara manusia dengan jelas maupun suara-suara lainnya. Kiki senang berceloteh, apalagi jika mendengar kata-kata baru.
Ketika waktu pelajaran akhirnya berakhir, Philip harus pulang ke tempat tinggalnya yakni di Craggy-Tops. Philip untuk sementara harus tinggal bersama paman dan bibinya juga adik perempuannya yang bernama Dinah. Jack dan Lucy Ann juga akan pulang, namun tiba-tiba saja ada surat dari bibi mereka memberitahu bahwa pamannya sedang sakit sehingga mereka tidak bisa pulang dan karenanya mereka akan dititipkan di tempat Pak Roy hingga waktunya masuk sekolah lagi. Tentu saja Jack dan Lucy tidak mau tinggal lebih lama lagi dengan Pak Roy. Mereka akhirnya memilih kabur dan ikut dengan Philip ke Craggy-tops.
Craggy-tops tempat mereka tinggal adalah bekas menara yang sudah rusak, namun berada di tebing yang mana mereka dapt mendengar bunyi ombak yang menampar tebing. Di seberang terdapat Pulau Suram, yang memang terlihat suram, namun mereka sering melihat ada sinar memancar dari pulau itu. Jo jo pelayan bibi mereka yang pemarah melarang mereka mendekati pulau tersebut dengan alasan di Pulau itu terdapat "macam-macam" yang berbahaya. Tentu saja hal tersebut bukannya membuat keempat anak itu jadi takut tapi mereka malah bertambah rasa ingin tahunya untuk mennyelidiki tempat itu.
Pada awalnya mereka menemukan sebuah lorong di gua tebing yang ternyata menuju ke ruang penyimpaanan mereka. Ketika Jo jo sedang berbelanja ke pasar, mereka menggunakan perahunya dan berlayar menuju Pulau suram. Di sana mereka menemukan banyak hal, yakni lubang-lubang di tanah yang rupanya dulu Pulau Suram adalah bekas tambang tembaga, namun sudah tak berpenghuni lagi,. Dan anehnya mereka menemukan kaleng2 bekas makanan di sana dan sepertinya masih baru. Hal inilah yang kemudian membawa mereka dalam sebuah petualangan mengasyikkan. Dengan di bantu teman baru mereka Bill Smugs, merekapun menikmati petualangan mereka yang pertama.
Buku ini merupakan buku pertama dari seri Petualangan. Seri Petualangan terdiri dari :
  1. Petualangan di Pulau suram
  2. Petualangan di Puri Rajawali
  3. Petualangan di Lembah Maut
  4. Petualangan di Laut Sunyi
  5. Petualangan di Gunung Bencana
  6. Petualangan di Kapal Pesiar
  7. Petualangan di Sirkus Asing
  8. Petualangan di Sungai Ajaib
Di buku pertama ini diceritakan tentang awal perkenalan ke empat anak ini. Jack, sangat suka pada burung. Cita-citanya adalah menjadi ahli ornitologi. Philip senang pada segala jenis binatang, bahkan semua binatang itu entah bagaimana, juga cepat akrab dengan Philip. Karena kegemarannya pada binatang itulah yang membuat Dinah adiknya selalu memarahinya, karena Dinah sangat takut dengan segala binatang piaraan Philip. Seperti Philip, rambut Dinah juga memiliki jambul. Lucy Ann, adik Jack sangat sayang pada Jack, meski dia agak cengeng, namun dia cukup tabah.
Sayang sekali, dalam buku ini  banyak sekali terdapat kata-kata kasar, sehingga sebaiknya di baca oleh anak usia 12 tahun ke atas.



2 komentar:

  1. Ah pernah baca buku ini waktu kecil. Salah satu yang menarik . Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, salam kenal juga..
      Buku ini juga buku masa kecil saya. :)

      Hapus