Halaman

Jumat, 12 April 2013

Lima Sekawan : Rahasia Logam Ajaib



Judul asli : Five get into fix
Penulis : Enid Blyton
Alih Bahasa : Agus Setiadi
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ketiga belas : Oktober 2011
192 hlm

Rahasia logam ajaib ini merupakan buku petualangan ke-17 yang dialami oleh Lima Sekawan. Seperti kita ketahui, Lima Sekawan terdiri dari 4 orang anak bernama Julian, Dick, Anne, dan George serta seekor anjing pintar milik George yang bernama Timmy.
Kali ini mereka sedang berada dalam suasana menyebalkan, karena sedang libur Natal tapi malah mereka menderita flu dan batuk. Hanya Timmy yang tidak sakit. Dokter menyarankan bahwa sebaiknya mereka pergi menghirup udara di daerah berbukit. Tentu saja ide tersebut segera mereka terima. Apalagi Pak Jenkins, tukang kebun mereka menyarankan untuk pergi ke pegunungan Wales tempat bibinya biasa menyewakan tempat saat liburan musim panas. 
Dan jadilah mereka berlibur ke Magga Glen tempat bibi Pak Jenkins. Namanya Bibi Jones dan dia sangat ramah. Dan seperti biasa, mereka kembali mengalami petualangan seru di tempat itu. Kali ini adalah misteri tentang  sebuah menara tua yang sering mengeluarkan cahaya berpendar dan kabut, juga menimbulkan getaran seperti gempa. Menara tersebut di jaga ketat oleh anjing galak meski penduduk setempat mengatakan bahwa yang tinggal di situ adalah seorang nenek tua. 
Tentu saja jiwa petualang mereka segera muncul begitu menghadapi situasi itu. Bersama Aily, anak Pak Gembala yang cueknya minta ampun mereka mencoba membongkar misteri menara tua itu. Seperti biasa, Julian yang lebih tua selalu jadi pemimpin. Dick adiknya menjadi pendamping yang cerdik. George si tomboy dan Anne yang girly kali ini kurang mendapat porsi dalam cerita ini. Kemudian apa hubungannya menara tua dengan logam ajaib di judul buku? Temukan sendiri jawabannya dalam buku ini sambil bertualang bersama Lima Sekawan.
Membaca buku Lima Sekawan ini selalu membangkitkan kenangan masa kecil saya. Buku-buku yang saya baca di SD namun ternyata tetap masih menyenangkan untuk di baca di usia sekarang. Buku ini memang layak di baca bagi anak-anak paling tidak di usia 10 tahun ke atas. Bagi saya sendiri seri Lima Sekawan dari Enid Blyton ini membuat imajinasi saya berkembang dan kadang-kadang sering berfikir untuk ikut mengalami misteri seperti Lima Sekawan. Misalnya jika melihat sebuah rumah tua yang tak ditinggali membuat saya ingin menyelidiki misteri di balik rumah itu. Hahaha... tapi itu dulu sih, saat saya masih kecil.



3 komentar:

  1. Mba, lima sekawan ini buku zaman kapan yaa? Jujur pas anak2 dulu aku ga pernah baca buku ini :P

    Aku generasi Goosebumps dan Harpot nih :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... jaman 80an kayaknya..

      Hapus
  2. ini sinopsisnya bukan

    BalasHapus