Laman

Selasa, 22 Januari 2013

Pengakuan Gadis Call Center




Judul asli : Confessions of a Call Center Gal
Penulis : Lisa Lim
Penerbit : Gradien Mediatama
Tahun terbit : 2012
462 hlm.

Maddy, seorang gadis yang baru lulus kuliah, sudah mencoba melamar ke berbagai perusahaan namun belum di terima sama sekali. Akhirnya ketika dia memutuskan untuk berkunjung ke Idaho di tempat temannya Kars, mereka berdua malah akhirnya mendapat pekerjaan di perusahaan Lightning Speed dengan rekomendasi dari ibu Kars dan menjadi seorang penerima telepon alias operator telepon. Ternyata menjadi penerima telepon itu tidak enak ya. Jangan kira pekerjaan ini gampang. Banyak pengalaman yang di alami Maddy selama bekerja. Respon dari penelpon sangat beragam. Ada yang baik, berbicara dengan manis. Namun lebih banyak yang menggertak ataupun memaki. Belum lagi jika ada sambungan telepon tunda. Duh, entah bagaimana rasanya harus terus-menerus menerima telepon dan mendapat istirahat hanya beberapa menit. pastilah kuping  menjadi panas. Untunglah ada teman-teman Maddy sesama operator yang bisa diajaknya berbagi.
Namun bukan hanya masalah pelanggan yang di bahas. Masalah kehidupan Maddy dengan temannya Kars juga muncul sehingga cukup membuat saya kasihan pada Maddy. Belum lagi dia jatuh cinta pada Mika namun sayangnya Mika malah pacaran dengan orang lain yang juga teman baik Maddy. Untunglah Maddy punya pelarian, rupanya dia juga suka baca buku. Dan yang membuat saya heran terhadap Maddy, saking seringnya menerima telepon, dia bisa membaca buku sambil menerima keluhan dari pelanggan dan juga sambil minum. Hehe.. benar-benar multi tasking.
Meskipun menurut saya ceritanya agak lambat, namun tetap menarik untuk di baca. Dan... saya suka dengan karakter Mika. :)
Saya agak jarang membaca chicklit, namun buku yang ini cukup mengena. Saya sendiri kadang-kadang suka
agak gemas jika menelepon operator dan jawaban yang di terima berbelit-belit ataupun saya seperti di lempar kesana-kemari. Namun dari Maddy saya tahu kalau mereka memang juga cuma menjalankan tugas.
Lewat buku ini saya belajar bagaimana menghargai profesi orang lain, juga bagaimana menghadapi menghadapi persoalan dalam hidup.
Terima kasih Maddy..

2 komentar:

  1. Tapi kadang memang ada CS yg buruk dlm melayani pelanggan jadi yg tadinya cuma mau komplain malah jadi marah2 dan jengkel sama sikap CSnya.. dari pengalaman Maddy ada yg seperti itu ga mba?

    BalasHapus
  2. Hehe.. iya juga sih.. Tapi di sini Lisa Lim menceritakan bahwa Maddy selalu berusaha menghadapai pelanggan dengan sebaik mungkin dan sesabar mungkin. Kecuali waktu dia menghadapi pelanggan mesum, langsung dia serahkan ke pengawasnya yang di beri julukan Hitler.. :)

    BalasHapus