Laman

Selasa, 30 Oktober 2012

# 28 The Winds of Autumn (Pada Suatu Musim Gugur)


Pengarang : Janette Oke
Alih Bahasa : Yenni Agus salim
Penerbit : Gospel Press
317 hlm

Josh sudah menginjak usia remaja. Di umurnya yang ke-15 tahun, dia pindah ke kota tinggal bersama dengan Bibi Lou dan suaminya yang seorang Pendeta. Josh masih tetap sekolah meski beberapa temannya sudah tidak sekolah lagi, kebanyakan mereka tidak bersekolah karena bekerja di toko atau di tanah pertanian. Namun Paman Nat setuju agar Josh tetap melanjutkan pendidikannya. Bersama temannya Avery Garret, yang sepertinya tetap bersekolah karena ada Josh dan juga Jack Berry, yang bersekolah karena ayahnya menginginkan dia menjadi dokter, Josh kembali belajar di sekolah . Selain itu ada pula si Willie Corbin, seorang anak nakal yang bertobbat gara-gara mendengar khotbah Paman Nat, sehingga dia tetap bersekolah karena bercita-cita menjadi penginjil. Namun sayang, suatu hari guru mereka Miss Williams tiba-tiba berhenti mengajar. Dia dikabarkan akan menikah sehingga meninggalakan sekolah untuk ikut dengan suaminya.Di waktu yang kosong itu, Josh dan kawan-kawannya pergi untuk berkemah di hutan. Sayang sekali perjalanan mereka tidak berjalan mulus sesuai dengan rencana. Di akhir perjalanan mereka menumpang makan di rumah Mary Turley.
Hingga akhirnya datanglah guru baru Tn Foggelson, yang datang bersama istri dan putrinya yang ternyata sekelas dengan Josh. Karena gadis itu cantik, dia jadi primadona di sekolah Josh. Namun ternyata guru ini adalah penganut paham evolusi, dengan sengaja dia mengundang Josh untuk memberikan les geometri bagi putrinya di rumah agar dia bisa mendoktrin Josh tentang paham yang di anutnya. Dia menyuruh Josh mempelajari buku-bukunya di perpustakaan keluarga mereka yang menjadi terasa aneh bagi Josh. Namun karena Josh sudah mulai mengenal tentang iman makanya dia mampu membandingkan apa yang benar dan apa yang salah.Karena gadis ini pula dia dipukuli oleh temannya yang cemburu.
Hingga akhirnya Josh mengambil keputusan untuk berpisah dari Cammelia, putri Tn. Foggelson itu. Menurut Josh, mereka terlalu banyak berbeda pendapat.  Cammelia percaya evolusi, sementara Josh mempercayai Alkitabnya.
"terlalu banyak yang aku belum siap. Suatu hari, mungkin suatu hari aku harus menghadapi teori yang mereka sampaikan sebagai kenyataan itu, tetapi bukan sekarang.." (hlm. 221)

Di buku ini juga ditampilkan karakter si Sam tua. Seorang bapak yang setiap hari kerjanya cuma mabuk-mabukan, namun Nat dengan penuh kasih merawat si pak tua kala dia sakit. Dan pak tua pulalah yang menolong Josh ketika Josh pingsan saat dipukuli oleh temannya. Demi Sam tua yang ketika akan menghadapi maut meminta Paman Nat datang mendoakannya, Paman Nat rela meninggalkan Bibi Lou yang sedang menghadapi proses persalinan. 
Namun ada suatu quote yang cukup menginspirasi dari cerita ini yakni :
"Tuhan bekerja dengan cara yang istimewa" (hlm. 316)

Memang kita tak pernah bisa memahami cara kerja Tuhan. Namun jelas bahwa semua itu adalah demi kebaikan kita, karena Dia bekerja dengan cara yang istimewa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar