Halaman

Kamis, 16 Mei 2013

Liburan Para Alien



Judul asli : Aliens on Vacation
Penulis : Clete Barrett Smith
Penerjemah : Justine Tedjakusuma
Penerbit : Atria
Cetakan I, Juni 2012
311 hlm

Jangan pikir hanya manusia yang butuh berlibur. Ternyata para alienpun memerlukan liburan, baik liburan keluarga, bulan madu ataupun sekedar jalan-jalan. Di penginapan milik Grandma di Forest Grove, ada peraturan yang harus dipatuhi saat check in jadi pengunjung.


Scrub alias David yang berkunjung ke penginapan Grandma dalam rangka liburan musim panas tentu saja terheran-heran begitu membaca peraturan nomor 4. Dia tidak menyangka bahwa ternyata selanjutnya sebagai petugas pemeriksa tamu, dialah yang akan memastikan peraturan tersebut berjalan. Bahkan jika peraturan itu tidak bisa dipatuhi, dia yang harus membantu mendandani para tamu agar benar-benar bisa terlihat seperti "manusia".
Dalam kurun waktu yang tidak begitu lama, Scrub langsung tahu bahwa penginapan Grandma ini adalah penginapan yang berbeda dengan penginapan-penginapan lainnya. Tentu saja karena tamu-tamu di Penginapan Antar Galaksi ini sungguh aneh dan sering bertingkah yang tidak masuk akal. Tentu saja kau akan terheran-heran jika melihat bagaimana seseorang bisa menghabiskan kertas timah dan minum pemutih sepeti memakan cemilan saja, atau melihat sekelompok keluarga yang berjalan merangkak seperti bayi.
Grandmapun tidak menyembunyikan dari Scrub bahwa penginapannya adalah untuk tamu dari galaksi dan planet lain, dan bahkan Grandma meminta bantuan Scrub untuk mendandani setiap tamu yang baru datang, karena Grandma merasa dia semakin tua dan sudah semakin tak sanggup memenuhi kebutuhan para tamu yang aneh-aneh.
Mengurusi para alien sambil mencoba mengurus kehidupan pribadinya ternyata cukup sulit bagi Scrub. Sebelum libur  dia sempat membuat tantangan dengan sobatnya Tyler yakni tantangan kolosal musim panas, dan Tyler mencantumkan ide siapa yang bisa duluan mencium gadis (yang bukan anggota keluarganya). Dan di kota kecil seperti Forest Grove ini, gadis siapa yang akan tertarik padanya?
Belum lagi dia harus berhadapan dengan Sherif Tate yang memang mencurigai aktivitas aneh di penginapan neneknya. 
Lewat pengalaman musim panas ini, akhirnya Scrub bisa belajar bagaimana harus bertanggung jawab atas setiap tindakannya. Ternyata bukan saja pengalaman bersama alien yang didapatkannya, namun dia akhirnya berhasil memenangkan tantangan dari Tyler. Selain itu surat dari Grandma di bawah ini jelas-jelas sangat menyenangkan baginya.
Saya sendiri suka sekali membaca surat Grandma ini.




6 komentar:

  1. halo kak :D salam kenaaal! ^^ ini bukunya beli dimana ya..?? kayanya asik xD thx a lot! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. salam kenal juga, ini beli di bukukita.com kalo tidak salah :)

      Hapus
    2. hoo i see i see.. habisnya kayanya kok aku ngga pernah liat di gramedia.. hihi makasih kak :D

      Hapus
  2. waaah, bukunya kayanya keren nih...belum pernah liat di toko buku...beli online ternyata ya...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beli online nih mbak Winda.

      Hapus
  3. Penasaran ih. Jadi pengen beli.Pesennya kmn?

    BalasHapus