Laman

Kamis, 30 Januari 2014

Carrie *Posting Bareng Secret Santa 2013




Judul : Carrie
Penulis : Stephen King
Alih Bahasa : Gita Yuliani K.
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Oktober 2013
256 hlm

Buku ini adalah salah satu hadiah dari Secret Santa saya.  Salah satu even yang diadakan BBI di akhir tahun kemarin, di mana sesama anggota saling berbagi kado buku.
Selesai membaca buku ini, saya tidak tau harus menulis apa. Rasanya hmmmm... Agak susah juga dijelaskan.
Hehehe..
Baiklah.. 
Carrie White, gadis 17 tahun yang menjadi korban bullying teman-temanya. Sebenarnya dia adalah remaja biasa. Ia gadis gemuk pendek dengan jerawat pada leher, punggung dan bokongnya.
Tapi yang membedakannya dari teman-temannya ialah dia mempunyai kemampuan telekinesis.
Tentu saja, tidak ada dari mereka yang tahu bahwa Carrie White berkemampuan telekinesis.    (hlm. 10)
Tentu saja saya meng-google tentang telekinesis sambil membaca buku ini. Intinya adalah telekinesis merupakan kemampuan untuk menggerakkan sesuatu obyek tanpa harus menyentuhnya. 
Bagaimana dengan Carrie? Kenapa dia bisa memiliki kemampuan itu?
Jika dianalisa, sepertinya hidup Carrie tertekan oleh ulah ibunya, Margareth White yang terlalu fanatik. Hal itu membuatnya ingin memberontak, dan setiap kali emosinya memuncak, terjadilah hal-hal aneh berkaitan dengan pikirannya. Kejadian awal bermula ketika dia berusia 3 tahun, terjadi hujan batu ketika dia dikurung Mommanya dalam lemari setelah dianggap bersalah karena berbincang dengan tetangganya yang berpakaian minim dan sedang berjemur di halaman belakang. Tentu saja itu adalah dosa besar menurut Momma.

Belum lagi ketidaktahuannya tentang haid sehingga membuatnya mendapat olok-olokan dari teman-temannya semakin menanamkan rasa benci dalam hatinya. (Untuk bagian ini saya sendiri sempat bingung, memangnya di sekolah tidak diajarkan pelajaran Biologi ya?)
"Momma!" jerit Carrie,"Momma tolong dengarkan! Ini bukan salahku!"
"Tundukkan kepalamu," kata Momma."Mari kita berdoa."
"Momma seharusnya memberitahu aku!"
                                                                                            (hlm. 61)
Hingga akhirnya di bagian klimaks pada malam prom. Ah, tidak usahlah diceritakan. Rasakan sendiri kengeriannya. Apa benar-benar akan membuatmu bergidik?
Sayang sekali, seperti kebanyakan pembaca lain, saya juga mengeluhkan terjemahannya, membuat saya jadi kurang nyaman membacanya.
 
Oh ya, saya jadi teringat Mathilda waktu membaca buku ini. Tapi bedanya Mathilda  meski masih kecil, dia mau belajar mengendalikan kemampuannya itu.

******






Yuhuuu........ Akhirnya tiba juga saatnya membongkar identitas sang Santa Rahasia.


Ternyata setelah memperhatikan clue dari si SS, kata 'utara' dan 'k kecil', langsung saja pikiran saya melayang pada Halmahera. Yakin deh, Santaku adalah mba Putri Utama. Betul kan?.......

Makasih banyak ya Mba Put... :)


12 komentar:

  1. tulisan tangannya bagus #salahfokus

    BalasHapus
  2. kalo bener SS kak Matris adalah mbak Putri... ini aneh. padahal mbak Putri itu dokter, kan, ya. kok tulisannya bagus? bukannya dokter biasanya tulisannya jelek? #eh #kabur

    BalasHapus
  3. salut sama para santa yang bikin riddle 'bercerita' gini... :)

    BalasHapus
  4. Sebagai dokter yang tulisannya jelek, saya merasa tersungging sama komentar teh Peni. Hahahaha... :))

    Aku pengen juga buku ini. Uthie....kirimin dong *lah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngahahaha... aduh... maaf, bu dokter... :))
      aku bukan dokter, tapi tulisanku juga jelek sih :P

      Hapus
  5. sepertinya iya...tulisannya mirip yg dlu sampe rumahku xD

    BalasHapus
  6. terjemahan buku ini memang banyak yang ngeluh ya Mbak :p

    Santanya mana niiih ayoo muncul :p

    BalasHapus
  7. Hai... Hai... Aku mendengar namaku disebut disini :)

    "Hidup dan angin telah membawaku ke barat dan timur. Namun dimanapun aku berada Utara-lah rumahku."
    Peta yang terlampir itu peta Indonesia. Barat dan Timur itu merujuk ke Indonesia, dimana di Indonesia Barat ada provinsi yang punya nama "Utara", yaitu Sumatera Utara. Di Indonesia Timur juga ada provinsi yang punya nama "Utara", yaitu Maluku Utara. Iya... aku pernah dan sedang berdomisili di kedua provinsi itu.

    "k kecil"
    Jaman SD dulu, Sulawesi sering disebut dengan "pulau berbentu K besar" untuk memudahkan penghafalan. Dan disebelahnya ada pulau serupa dengan ukuran lebih kecil, pulau Hamlahera. Halmahera merupakan bagian dari provinsi Maluku Utara.

    Dan yak!!! Analisa dan jawaban Mbak Matris benar \(^_^)/

    Seneng deh dapat X-nya Mbak Matris. Meski buku di rak "Dear Santa" agak susah dicari ._. Maklum kota Medan, toko bukunya juga terbatas. Dan deg-degan juga takut paketnya gak nyampe karena yang tertera cuma nama dan no hp. Waktu Mbak Matris posting riddle, aku sampe ngucap syukur Alhamdulillah kalau paketnya nyampe ;)

    Ah... ngomongin Halmahera dan Maluku Utara bikin kangen Indonesia Timur. Mbak Matris, bawa aku jalan-jalan ke Raja Ampat dong #ditenggelamkankeDanauToba

    BalasHapus
  8. WakakaK...... #ngakak guling2 deh baca komen2 di atas...:))

    Iya bener, tulisannya bagus ya..... Eh, tp jgn salah... Kebanyakan dokter cewek tulisannya emang bagus kok *pengalaman baca tulisan dokter + membela SS-ku.... Hehehe

    Iya mba Put waktu itu sy sempat googling nomor HP yg tertera, eh rupanya itu kode wilayah Medan... Hehehe... Lgs deh saya hubungkan dgn ibu dokter, Utara , k kecil..... Paham deh maksudnya.
    Sekarang petanya di pajang di rumah,, di lihat2 saja dulu, kali aja bisa keliling Indonesia beneran... (Amin...) ---> aku di ajak liat Danau Toba dong mba.... #eh

    BalasHapus
  9. Eh iya, satu lagi yg meyakinkan saya mba Putri santanya... Waktu itu Mas Tezar sempat nanyain alamat + no HP (katanya dititipin Santa),,, hahaha... Daku tahu kalo mas Tezar sama mba Putri gabung di grup gelinjang (bener gak sih namanya... Lupaaaa....)

    Oh ya mba Put, selain Jogja,,, Indonesia Timur juga selalu ngangenin ya... :) #yukk, daptar lagi jadi PTT......

    BalasHapus
  10. selamat bisa nebak bener, mbak :D
    belum pernah baca bukunya Stephen King nih padahal ngaku suka baca buku horor :D

    BalasHapus
  11. jadi ngeri nggak bukunya? aku nggak berani baca padahal penasaran banget TT

    BalasHapus