Laman

Jumat, 02 November 2012

#30 Turning Thirty


Penulis : Mike Gayle
Alih Bahasa : B Sendra Tanuwidjaja
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Mei 2011
432 hlm
 
Hmmm.. lama juga baru buku ini akhirnya berhasil saya selesaikan. Waktu itu saya melihat buku ini di sebuah toko buku dan memutuskan untuk membeli karena melihat judulnya saja. Lama tidak di sentuh hingga akhirnya saya selesaikan baca ketika ada sebuah giveaway dari seorang teman yang berkenaan dengan masalah thirty ini. Turning thirty karya Mike Gayle bercerita tentang pria bernama Matt Breckford yang berusia 29 tahun, berarti sedang menjelang usia 30 tahun. Di tengah tenggang waktu usia yang makin dekat itu, dia akhirnya menjadi "galau" , kalau meminjam istilah sekarang ini. Dan di tengah kegalauannnya itu dia memutuskan untuk berpisah dari pacarnya Elainne (mereka berpisah baik-baik dengan alasan sudah saling tidak mencintai lagi), juga resign dari kantornya dan memutuskan menerima tawaran pekerjaan di Australia yang masih 3 bulan lagi sehingga  dia pulang dulu ke Inggris kampung halamannya. Sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan oleh Matt, pekerjaannya bagus, punya pacar, dan kelihatannya semua baik-baik saja. Bahkan sebenarnya dia sangat menanti-nantikan usia 30 itu. Namun karena kegalauannya itu maka dia mengambil keputusan-keputusan yang di atas, dia akan pulang untuk beristirahat, bukan saja dari pekerjaan namun juga dari kehidupan (hlm. 51)
Sayangnya tinggal bersama orang tua rupanya sudah tak nyaman lagi baginya, situasi rumah mulai membuatnya tertekan, apalagi di usianya yang 29 itu. Meski dia sudah menghabiskan waktu dengan menghubungi teman-teman lamanya, namun semuanya tak lagi sama apalagi jika kau telah berpisah selama satu dekade. Kehidupan tentu sudah berbeda. 
Beberapa bagian dari buku ini berupa percakapan Matt dengan Elainne lewat email, bahkan buku ini diakhiri pula dengan email dari Matt yang merupakan klimaks cerita.
Lewat buku ini saya belajar bagaimana untuk hidup lebih bertanggung jawab. Usia 30 memang tidaklah berbeda dengan usia-usia lainnya. Namun mulai di usia inilah kita di tantang untuk bagaimana bertindak dan bersikap lebih dewasa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar