Laman

Rabu, 15 Agustus 2012

#19 Kesetiaan dalam Kematian (Loyalty in Death)


Pengarang : J. D. Robb
Alih Bahasa : Eliyanti Jacob Saleh
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Jakarta, Maret 2010
536 hlm

Pernah membayangkan seperti apa kehidupan di tahun 2050an?
Novel ini dengan setting tahun tersebut memberikan gambaran tentang kehidupan manusia pada jaman yang akan datang itu dengan benda2 bernama link, keping cakram, droid, dan sebagainya.
Adalah seorang polisi wanita bernama Letnan Eve Dallas yang di pilih oleh sebuah kelompok untuk menjadi musuh mereka. Kelompok yang menamakan diri Cassandra itu menulis pesan kepada Dallas lewat sebuah keping cakram berisikan ancaman penghancuran fasilitas umum jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.
Dallas bekerja sama dengan timnya mencoba untuk menaklukkan si penjahat serta mencari tahu sasaran kelompook misterius itu berikutnya.

Beberapa kali Dallas gagal dengan usahanya sementara tuntutan dari para penjahat semakin besar.
Belum lagi di tambah dengan masalah lain berupa beberapa kasus pembunuhan yang harus ditanganinya benar-benar menguras pikiran dan tanggung jawabnya. Pembunuhan pertama di awal cerita tentang seorang pria yang di bunuh pacarnya dengan menggunakan bor rupanya memiliki hubungan erat dengan kasus-kasus selanjutnya. Tidak lama kemudian saudara pria tersebut ikut mati juga setelah di bunuh oleh seorang tukang kayu yang bekerja di rumahnya. Tukang kayu yang juga adalah adik dari asisten Dallas, Peabody ; semakin memecah konsentrasi Dallas. Namun akhirnya dengan keahliannya, serta dalam hal ini yang paling berperan adalah suaminya Roarke, Dallas berhasil mengaitkan setiap hal dan menemukan sarang si penjahat.

Pesan-pesan yang diterima Dallas selalu diawali dengan kata-kata :
Kami Cassandra.
Kami adalah dewa keadilan.
Kami setia. 

Dengan kalimat itulah Dallas bisa menebak-nebak hubungan antara kelompok Cassandra ini dengan sebuah kelompok serupa yang muncul 30 tahun sebelumnya yang bernama Apollo.
Apollo, kelompok pimpinan Rowan yang menentang pemerintahan yang korup, namun bertindak dengan semena-mena sesuai dengan keinginan mereka sendiri dalam usaha menentang pemerintah itu. Dengan kata lain mereka main hakim sendiri. Rowan sendiri akhirnya dinyatakan tewas beserta 2 anaknya pada saat di buru di rumahnya. Dengan demikian kelompok tersebut dinyatakan sudah berhasil ditangani, meskipun seorang tangan kanan Rowan dinyatakan menghilang karena tidak pernah ditemukan.

Buku ini adalah bacaan pertama saya untuk karya J. D. Robb. Kelihatannya hampir mirip-mirip dengan Sandra Brown, yakni novel-novel bertajuk suspense...
Penggunaan benda-benda seperti keping cakram kemungkinan mengacu pada keping CD saat ini, kemudian link adalah telepon alias handphone untuk link saku. Sedangkan droid adalah robot yang di bentuk menyerupai manusia yang sangat bermanfaat, digunakan terutama untuk menjadi pelayan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar